3.3.a.7. Demonstrasi Kontektual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
By : Rosa Fitriani R, S.Pd
"Ketika aku bermimpi sendiri, itu hanyalah sebuah mimpi. Ketika kita bermimpi bersama, itu adalah awal sebuah kenyataan. Ketika kita bekerja bersama, mengikuti mimpi kita, itu adalah penciptaan surga di dunia" (Kutipan dari LMS).
Tahapan
5 D/ BAGJA
Nama
PROGRAM |
KULTUM |
|
Tahapan
BAGJA |
Panduan
Tahapan |
Hasil
Tahapan |
B-uat Pertanyaan
|
·
Buatlah
pertanyaan untuk mengarahkan kita kepada penelusuran hal-hal yang akan kita
lakukan |
ü Bagaimana cara meningkatkan
kepemimpinan murid di sekolah? |
A-mbil
Pelajaran |
ü Ceritakan dan
tuliskan pengalaman/ kegiatan baik, prestasi yang pernah terjadi yang
berhubungan dengan topic bahasan (meningkatkan kepemimpinan murid disekolah) |
ü Kepemimpinan: -
Murid
dapat memimpin do’a sebelum dan sesudah belajar |
G-ali
Mimpi |
·
Buat
gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topic bahasan: -
Kepemimpinan
dan kemandirian seperti apa yang dibayangkan ada dalam diri murid? -
Perilaku
apa saja yang ada pada murid dengan kepemimpinan yang baik? -
Perilaku
guru seperti apa yang mendorong kepemimpinan dan kemandirian murid? -
Perilaku
kepala sekolah seperti apa yang mendorong kepemimpinan dan kemandirian murid? -
Perilaku
orang tua seperti apa yang mendorong kepemimpinan dan kemandirian murid? |
ü Murid memiliki jiwa
kepemimpinan yang penuh rasa percaya diri, berani, cinta agama, konsisten,
jujur dan juga dapat menghargai orang lain. ü Kepala sekolah
mendukung kegiatan, motivasi dan masukan ü Orang tua dan guru
membimbing murid. |
J-abarkan
rencana |
·
Membuat
cara/strategi mencapai mimpi-mimpi yang sudah kita tuliskan: -
Apa
langkah paling sederhana/ langkah pertama yang bisa dilakukan? (siapa
melakukan apa) -
Bagaimana
memonitoring dan megevaluasi rencana tersebut (bisa melihat format kerangka
Monev) |
ü Membuat kegiatan kultum
seminggu sekali yaitu setiap kamis pagi di lingkungan sekolah. Program ini
bertujuan untuk memupuk menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan murid. ü Program ini dapat
berjalan dengan baik dengan keterlibatan semua komunitas sekolah, seperti
kepala sekolah sebagai penanggung jawab, para guru sebagai pengarah dan murid
sebagai panitia pelaksana. Murid yang menjadi panitia pelaksana mempunyai
kebebasan untuk merancang kegiatan dengan petunjuk dan arahan dari guru/
kepala sekolah. Kegiatan ini dapat melibatkan masyarakat di sekitar sekolah. ü Monitor dilakukan
oleh murid kepada murid dan untuk murid sendiri. Evaluasi melibatkan guru,
kepala sekolah dan orang tua/ masyarakat luar sekolah. |
A-tur
eksekusi |
·
Menentukan
tim inti program: -
Siapa
coordinator/ penanggung jawab pelaksanaan program -
Siapa
yang bertugas memonitor dan mengevaluasi jalannya program -
Siapa
yang bertugas membuat laporan program -
Bagaimana
cara komunikasi/ kordinasi yang dilakukan tim (melalui pertemuan rapat
bulanan) untuk memberi kabar satu sama lain tentang jalannya program |
ü Penanggung jawab dan
mekanisme koordinasi antar tim: -
Penanggung
jawab kegiatan: kepala sekolah -
Pengarah:
dewan guru -
Coordinator
sie acara: ketua OSIS (murid) -
Coordinator
sie perlengkapan: anggota OSIS ü Laporan dibuat oleh
murid dan guru dalam bentuk tulisan, lisan dan foto-foto kegiatan yang sudah
dilakukan. Koordinasi dilakukan dengan rapat bulanan setiap satu bulan sekali
internal panitia. Hasil laporan internal dilaporkan kepada kepala sekolah.
Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan seluruh
guru. |
Rencana Monitoring, Evaluasi, Pembelajaran, dan Pelaporan (Monitoring, Evaluation, Learning, and Reporting)
a.
Pertanyaan Kunci
Pertanyaan
Kunci Evaluasi Program (Diisi dengan pertanyaan utama
yang menjadi tujuan evaluasi) |
Beberapa
contoh kalimat tanya yang digunakan: 1.
Sejauh apa program yang telah berjalan sesuai
dengan tujuan utama program? 2.
Seberapa banyak hambatan yang ditemui selama
pelaksanaan program ini? Mengapa terjadi demikian? |
Fokus Monitoring |
Pertimbangan Pemilihan |
Pertanyaan
Utama Monitoring |
Diisi
dengan pilihan aktivitas-
aktivitas atau tujuan antara
program (outcomes) yang akan
dipantau/dimonitor sepanjang pelaksanaan program, hal ini
yang akan digunakan sebagai
data untuk evaluasi program |
Diisi
dengan alasan pemilihan aktivitas atau
tujuan antara
(outcomes)
program |
Diisi
dengan pertanyaan
untuk menggali fokus monitoring yang berpengaruh pada tujuan program |
Bagaimana kegiatan kultum yang dipimpin oleh murid perwakilan kelas berjalan? |
Untuk memastikan
kegiatan berjalan dengan baik: setiap
kegiatan yang diadakan 1 minggu sekali, murid dari perwakilan kelas yang
telah ditentukan pada pertemuan sebelumnya diberi kesempatan berpidato selama
7 menit |
Bagaimana sikap
murid lain
terhadap
perwakilan murid saat berpidato
pada kegiatan kultum? |
Pertanyaan Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan/ Bagaimana |
Diisi
dengan pertanyaan Utama
Monitoring |
Diisi
dengan pihak/aktor yang berkaitan dengan pertanyaan monitoring |
Diisi
dengan metode untuk
penggalian data
kepada sumber informasi Contoh: kajian evaluasi,
observasi, wawancara,
kuesioner/survey |
Diisi
dengan waktu
penggalian informasi |
·
Apakah murid yang berpidato sebagai pemimpin
kultum dapat menjalankan perannya? |
Guru, murid |
Wawancara/observasi |
Dalam proses berjalan |
d. Strategi Pengolahan Data
Pertanyaan Monitoring |
Data
yang terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan
Khusus,
Pengecualian,dll |
Diisi
dengan pertanyaan monitoring dan
pertanyaan
tambahan tentang tim pengelola
program |
Diisi
dengan data dan informasi yang
menjawab pertanyaan monitoring tersebut, dari berbagai metode |
Diisi
kesimpulan yang
dapat ditarik untuk menjawab pertanyaan monitoring dari data dan informasi yang ada pada kolom kedua |
Bila ada catatan khusus yang
memberikan nuansa atas
kesimpulan yang
ditarik, catat di kolom ini |
Apakah semua orang dalam tim melaksanakan perannya dengan baik? |
Semua murid SMPN 1 Mila berkumpul
melaksanakan kegiatan kultum dan
semua
orang dalam tim
melaksanakan
perannya
masing-
masing dengan
baik |
Contoh Kesimpulan:
Kegiatan kultum berjalan lancar sesuai dengan rencana |
|
e. Pembelajaran Program
Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Program |
Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Program |
Pembelajaran |
Diisi
dengan hal-hal yang
mendukung keberhasilan
program |
Diisi
dengan hal-hal yang
menghambat pencapaian program |
Diisi
dengan hasil refleksi dan temuan-temuan signifikan selama pelaksanaan program |
Koordinasi tim yang baik |
Beberapa murid datang terlambat sehingga
mengganggu konsentrasi
murid yang lain |
Refleksi: untuk murid yang
datang terlambat ditempatkan terpisah dari barisan utama |
f.
Pelaporan Program
Komentar
Posting Komentar