Demontrasi Kontekstual -Pembelajaran Sosial Emosional
Pembelajaran sosial emosional sangat penting dilakukan dengan tujuan memberikan keterampilan yang dibutuhkan murid untuk dapat menghadapi masalahnya sekaligus memiliki kemampuan untuk menemukan solusi terbaik sebagai pemecahannya.
Proses pembelajaran murid bukan hanya pada aspek inteligensi atau kemampuan kognitif saja, tetapi juga dipengaruhi oleh aspek lain seperti aspek perkembangan emosi dan sosial. Aspek emosi dan sosial ini sangat berpengaruh terhadap prilaku anak kepada dirinya, orang lain dan lingkungannya. Pada murid aspek sosial emosi ini dapat dikembangkan melalui pembelajaran sosial emosional. Dimana pembelajaran sosial emosional adalah proses mengembangkan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk memperoleh kompetensi sosial dan emosional sebagai modal anak dalam berinteraksi dengan dirinya, orang lain dan lingkungan sekitar. Pembelajaran sosial emosional ini dapat dijadikan sebagai awal dan dasar penanaman pendidikan karakter kepada anak usia dini.
Ada lima kompetensi kunci pengembangan dalam aspek sosial emosional anak; self-awareness, self-management, social awareness, responsible decision making, dan relationship management. Kelima kompetensi ini penting dikembangkan sejak usia dini untuk membangun dan menanamkan keterampilan sosial anak. Karena dengan mengembangkan kelima aspek sosial emosional anak tersebut akan berimplikasi pada tertanamnya sifat-sifat baik/karakter-karakter unggul pada diri anak dalam dunia sosial. Metode-metode seperti bermain, modeling, story telling, drama dan lainnya tepat digunakan untuk mengembangkan kelima keterampilan tersebut.
Salam dan Bahagia
Rosa Fitriani R, S. Pd
CGP Kabupaten Pidie, Aceh.
Berikut merupakan contoh RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi pada Pembelajaran Kompetensi Sosial Emosional
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
BERDIFERENSIASI DAN TERINTEGRASI KSE
Satuan Pendidikan : SMP YPPU SIGLI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 4 JP (2x Pertemuan)
Materi Pokok : We love what we do.
A. Tujuan
Pembelajaran
Selama dan
setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik dapat:
1. Memahami fungsi social, struktur text, dan unsur kebahasaan (kalimat
declarative, interrogative, simple present tense) dari ungkapan untuk memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah
laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda.
2. Membuat teks interaksi
transaksional lisan dan tulis terkait
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang dan benda
dengan fungsi sosial.
3. Mempraktekkan kompetensi kemampuan berinteraksi/berhubungan sosial dalam lingkungan terdekat/kelas (Penerapan
KSE)
4.
Menerapkan kompetensi pengelolaan
diri/mengelola emosi dan fokus (Penerapan
KSE)
B. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan |
|
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
|
·
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan dan manfaat) dengan mempelajari materi : -
Ungkapan untuk memberi dan meminta informasi terkait dengan
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda (jenis-jenis profesi)
|
|
·
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
belajar yang akan ditempuh; -
Menyampaikan
penerapan KSE berupa kompetensi kemampuan
berinteraksi/berhubungan sosial dalam lingkungan terdekat/kelas dengan Teknik Group Discussion. -
Menyampaikan penerapan KSE berupa kompetensi pengelolaan diri/mengelola emosi dan
focus dengan Teknik Membuat
Jurnal Diri diakhir pembelajaran. |
|
Kegiatan Inti |
|
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi: Ø Peoples jobs or profession dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan
gambar/foto tentang Peserta
didik diminta untuk mengamati Peoples
jobs or profession v
Mengamati v Membaca (dilakukan di
rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), Ø
Peserta didik diminta membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan Ø
Peoples jobs or profession |
Critical Thinking |
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar khususnya pada materi: -
Ungkapan
untuk memberi dan meminta informasi
terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda
(jenis-jenis profesi)
Kegiatan yang
dilakukan peserta didik antara lain: v Mengamati obyek/kejadian v Wawancara dengan nara sumber v Mengumpulkan informasi v Membaca sumber lain selain buku teks, Ø
Peserta didik diminta
mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang -
We love what we do
|
Collaboration |
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil
pengamatan dengan cara : v Berdiskusi tentang data :
Ø Peoples jobs or profession yang sudah dikumpulkan /
terangkum dalam kegiatan sebelumnya. v Mengolah
informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Pesertadidik mengerjakan
beberapa soal mengenai: Ø
Peoples jobs or profession
Dalam
proses kolaborasi, dipraktekkan kompetensi
kemampuan berinteraksi/
berhubungan sosial dengan bekerja dalam
kelompok. Dalam penerapan KSE diatas, teknik yang digunakan adalah Group
Discussion. Teknik ini membagi siswa dalam beberapa kelompok.
Untuk pembelajaran BERDIFERENSIASI, kelompok
didasarkan pada minat atau ketertarikan masing-masing siswa dalam kaitannya
dengan materi yang dibahas yaitu People Jobs of Profession (penerapan
pembelajaran diferensiasi produk berdasarkan minat). Pada
masing-masing kelompok, akan terjadi interaksi dalam bentuk diskusi mengenai
permasalahan-permasalahan atau tantangan yang diberikan oleh guru untuk di
selesaikan bersama.
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan
hasil
kerja
kelompok
atau individu secara klasikal. Peserta didik mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
(terjadi diferensiasi proses bagi
kelompok-kelompok yang terlihat belum maksimal hasil kerjanya). Praktek
penerapan kompetensi kemampuan berinteraksi/berhubungan sosial terjadi pada tahap ini. Peserta didik bersama kelompok masing-masing
mengemukakan hasil kerja kelompoknya didepan kelas. Guru melakukan monitoring terhadap interaksi yang terjadi antar
peserta didik sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. |
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait ungkapan untuk memberi dan meminta informasi terkait dengan
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda. Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami. |
Kegiatan Penutup |
|
Peserta didik
dan guru merefleksi kegiatan
pembelajaran. Guru menginstruksikan
murid untuk menulis jurnal diri tentang apa yang ada di dalam pikiran dan
apa yang dirasakan mereka setelah melakukan berbagai kegiatan pada hari
tersebut (Apa yang menarik? Apakah hal baru yang saya lihat? Apakah yang
berubah dalam perasaan dan pikiran saya? Apakah yang ingin saya pelajari
lebih lanjut?) Guru menyampaikan
tahap-tahap dalam menulis
jurnal diri yaitu menyiapkan sebuah buku tulis yang
akan mereka sebut sebagai buku jurnal. Kemudian meminta mereka menggambarkan
ataupun menulis tentang apa yang ingin mereka tulis kejadian pada hari
tersebut dengan jujur. (Kegiatan Penerapan Kompetensi Pengelolaan Diri–Mengelola Emosi Dan Fokus dengan menggunakan Teknik
Menulis Jurnal Diri).
Peserta didik dan
guru
menarik kesimpulan dari hasil kegiatan pembelajaran. Guru Memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan kepada kelompok yang kinerjanya Baik). Menugaskan Peserta didik
untuk terus mencari informasi
dimana
saja
yang
berkaitan
dengan materi/pelajaran yang sedang atau
yang akan pelajari. Guru menyampaikan materi pembelajaran
berikutnya. Guru menutup
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dan doa. |
C. Media, Alat,
Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø
Metode Pembelajaran
©
Pendekatan : Scientific Learning
©
Model Pembelajaran :
Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
Pembelajaran Berdiferensiasi
Ø
Teknik Penerapan
Kompetensi Sosial Emosional (KSE):
© Kompetensi Kemampuan Berinteraksi/ Berhubungan Sosial
© Kompetensi Pengelolaan
Diri– Mengelola Emosi dan Fokus
Ø
Media Pembelajaran
©
Media LCD projector,
©
Laptop,
© Bahan Tayang
Ø
Sumber Belajar:
©
Teks Siswa,
©
Buku Pegangan Guru,
©
Modul/bahan ajar,
©
Sumber internet,
©
Sumber lain yang relevan
D.
PENILAIAN
Sikap : Observasi terhadap sikap komitmen
murid dalam menyerahkan.
Pengetahuan : Menunjukkan kemampuan menjelaskan macam-macam profesi/jobs.
Keterampilan :Mampu menggunakan dan memahami kosakata-kosakata
terkait macam- macam profesi.
Kompetensi Sosial Emosional : Berinteraksi
dengan lingkungan terdekat secara efektif dan berterima (mempraktekkan pola
hubungan sosial sederhana seperti meminta tolong, meminta maaf ketika melakukan
kesalahan, dan berterima kasih).
Kompetensi Pengelolaan Diri : Mengikuti panduan
dalam menulis jurnal diri sebagai refleksi di akhir pembelajaran.
Strategi dan Alat Penilaian:
-
Strategi : Observasi (Sikap dan KSE)
-
Alat : Rubrik
Rubrik Catatan
Sikap Murid:
Nama murid |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Pencapaian Kompetensi
Sosial Emosional (KSE):
No. |
Aspek yang Dinilai |
Kriteria |
Score |
1. |
Interaksi/ Hubungan Sosial |
Sudah menunjukkan kemampuan berdiskusi dalam kelompok,
memaparkan gagasan-gagasan serta menanggapi sesuai dengan topic yang dibahas Mulai menunjukkan kemampuan berdiskusi dalam kelompok, mencoba
memaparkan gagasan-gagasan tetapi belum mampu menanggapi sesuai dengan topic
yang dibahas Mulai menunjukkan kemampuan berdiskusi dalam kelompok, belum
mampu memaparkan gagasan-gagasan dan belum mampu menanggapi sesuai dengan
topic yang dibahas Belum menunjukkan kemampuan berdiskusi dalam kelompok, belum
mampu memaparkan gagasan-gagasan dan belum mampu menanggapi sesuai dengan
topic yang dibahas (pasif) |
Sangat
baik
Baik
Cukup
Kurang |
Rubrik Penilaian
Pencapaian Kompetensi Sosial Emosional (KSE):
No. |
Aspek yang Dinilai |
Kriteria |
Score |
1. |
Pengelolaan Diri |
Sudah menunjukkan kemampuan mengikuti arahan dalam menulis
jurnal diri diakhir pembelajaran yang meliputi hal-hal yang sudah dimengerti,
yang masih perlu untuk dikembangkan, sudah mampu mengaitkan pengetahuan
dengan lingkungan terdekat serta mampu mengembangkan pengetahuan yang
diperoleh. Mulai menunjukkan kemampuan mengikuti arahan dalam menulis
jurnal diri diakhir pembelajaran yang meliputi hal-hal yang sudah dimengerti,
yang masih perlu untuk dikembangkan, mulai mengaitkan pengetahuan dengan
lingkungan terdekat serta mencoba mengembangkan pengetahuan yang diperoleh. Mulai menunjukkan kemampuan mengikuti arahan dalam menulis
jurnal diri diakhir pembelajaran yang meliputi hal-hal yang sudah dimengerti,
belum menunjukkan kemampuan memilah hal-hal yang masih perlu untuk
dikembangkan, belum mengaitkan pengetahuan dengan lingkungan terdekat serta
belum mengembangkan pengetahuan yang diperoleh. Belum menunjukkan kemampuan mengikuti arahan dalam menulis
jurnal diri diakhir pembelajaran yang meliputi hal-hal yang sudah dimengerti,
belum menunjukkan kemampuan memilah hal-hal yang masih perlu untuk
dikembangkan, belum mengaitkan pengetahuan dengan lingkungan terdekat serta
belum mengembangkan pengetahuan yang diperoleh. |
Sangat
baik
Baik
Cukup
Kurang |
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
-
Strategi : Unjuk kerja
-
Alat : Checklist
Contoh Penilaian Ranah Pengetahuan dan Keterampilan
Indikator |
Checklist |
Catatan |
||
Pengetahuan |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai terlihat |
|
Menjelaskan pengetahuan tentang ungkapan untuk memberi dan meminta informasi terkait dengan
tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda.
|
|
|
|
|
Keterampilan Berbicara |
Fluency (0-40) |
Pronunciation (0-40) |
Intonation (0-20) |
Catatan tambahan |
Nama Murid |
|
|
|
|
Nama Murid |
|
|
|
|
Nama Murid
|
|
|
|
|
LAMPIRAN FORMAT
JURNAL DIRI
Setelah
mengikuti pembelajaran hari ini, isilah lembar refleksi diri berikut:
1.
Hal-hal apa saja yang sudah saya mengerti dalam pembelajaran
hari ini? ………………………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Apa yang masih perlu untuk saya kembangkan? …………………………………………………………………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….
3.
Bagaimana saya bisa menerapkan hasil belajar hari ini kedalam
lingkungan terdekat saya (kelas dan keluarga)? …………………………………………………………………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………………………………………………………………. …………………………………………………………………………………………………………………………………………. |
LAMPIRAN
Murid membentuk
kelompok berdasarkan profesi/jobs kegemaran masing-masing (seperti gambar
diatas) à Terjadi diferensiasi produk.
Berikut materi
sebagai contoh kegiatan diskusi kelompok sesuai profesi/jobs kegemaran murid:
Sigli, 04 Maret 2021
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
............................................ ROSA FITRIANI R,
S. Pd
NIP. NIP. -
Komentar
Posting Komentar