Demontrasi Kontekstual -
Pembelajaran Sosial Emosional


Pembelajaran Sosial Emosional

 

Pembelajaran sosial emosional sangat penting dilakukan dengan tujuan memberikan keterampilan yang dibutuhkan murid untuk dapat menghadapi  masalahnya sekaligus memiliki kemampuan untuk menemukan solusi terbaik sebagai pemecahannya. 

Proses pembelajaran murid bukan hanya pada aspek inteligensi atau kemampuan kognitif saja, tetapi juga dipengaruhi oleh aspek lain seperti aspek perkembangan emosi dan sosial. Aspek emosi dan sosial ini sangat berpengaruh terhadap prilaku anak kepada dirinya, orang lain dan lingkungannya. Pada murid aspek sosial emosi ini dapat dikembangkan melalui pembelajaran sosial emosional. Dimana pembelajaran sosial emosional adalah proses mengembangkan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk memperoleh kompetensi sosial dan emosional sebagai modal anak dalam berinteraksi dengan dirinya, orang lain dan lingkungan sekitar. Pembelajaran  sosial emosional ini dapat dijadikan sebagai awal dan dasar penanaman pendidikan karakter kepada anak usia dini.

Ada lima kompetensi kunci pengembangan dalam aspek sosial emosional anak; self-awareness, self-management, social awareness, responsible decision making, dan relationship management. Kelima kompetensi ini penting dikembangkan sejak usia dini untuk membangun dan menanamkan keterampilan sosial anak. Karena dengan mengembangkan kelima aspek sosial emosional anak tersebut akan berimplikasi pada tertanamnya sifat-sifat baik/karakter-karakter unggul pada diri anak dalam dunia sosial. Metode-metode seperti bermain, modeling, story telling, drama dan lainnya tepat digunakan untuk mengembangkan kelima keterampilan tersebut.


Salam dan Bahagia

Rosa Fitriani R, S. Pd

CGP Kabupaten Pidie, Aceh.


Berikut merupakan contoh RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi pada Pembelajaran Kompetensi Sosial Emosional

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

BERDIFERENSIASI DAN TERINTEGRASI KSE

 

Satuan Pendidikan    : SMP YPPU SIGLI

Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris

Kelas/Semester          : VII/Genap

Tahun Pelajaran        : 2020/2021

Alokasi Waktu           : 4 JP (2x Pertemuan)

Materi Pokok             : We love what we do.


A.     Tujuan Pembelajaran

Selama dan setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik dapat:

1.     Memahami fungsi social, struktur text, dan unsur kebahasaan (kalimat declarative, interrogative, simple present tense) dari ungkapan untuk memberi  dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda.

2.      Membuat teks interaksi transaksional lisan dan tulis  terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang dan benda dengan  fungsi sosial.

3.      Mempraktekkan kompetensi kemampuan berinteraksi/berhubungan sosial dalam lingkungan terdekat/kelas (Penerapan KSE)

4.      Menerapkan kompetensi pengelolaan diri/mengelola emosi dan fokus (Penerapan KSE)

 

 

B.   Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

·         Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

·         Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan dan manfaat) dengan mempelajari materi :

-          Ungkapan untuk memberi  dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda (jenis-jenis profesi)

 

           

·         Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh;

-          Menyampaikan penerapan KSE berupa kompetensi kemampuan berinteraksi/berhubungan sosial dalam lingkungan terdekat/kelas dengan Teknik Group Discussion.

-          Menyampaikan penerapan KSE berupa kompetensi pengelolaan diri/mengelola emosi dan focus dengan Teknik Membuat Jurnal Diri diakhir pembelajaran.

Kegiatan Inti

Kegiatan

Literasi

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi:

Ø  Peoples jobs or profession dengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)

Menayangkan gambar/foto tentang 

Peserta didik diminta untuk mengamati Peoples jobs or profession

  

v  Mengamati

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),

Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan

Ø  Peoples jobs or profession

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar khususnya pada materi:

-          Ungkapan untuk memberi  dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda (jenis-jenis profesi)

 

Kegiatan yang dilakukan peserta didik antara lain:

v  Mengamati obyek/kejadian

v  Wawancara dengan nara sumber

v  Mengumpulkan informasi

v  Membaca sumber lain selain buku teks,

Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang

-      We love what we do

 

 

 

 

 

 

 

Collaboration

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

v  Berdiskusi tentang data :

Ø  Peoples jobs or profession yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.

v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai:

Ø  Peoples jobs or profession

 

Dalam proses kolaborasi, dipraktekkan kompetensi kemampuan berinteraksi/ berhubungan sosial dengan bekerja dalam kelompok.

Dalam penerapan KSE diatas, teknik yang digunakan adalah Group Discussion. Teknik ini membagi siswa dalam beberapa kelompok. Untuk pembelajaran BERDIFERENSIASI, kelompok didasarkan pada minat atau ketertarikan masing-masing siswa dalam kaitannya dengan materi yang dibahas yaitu People Jobs of Profession (penerapan pembelajaran diferensiasi produk berdasarkan minat).

Pada masing-masing kelompok, akan terjadi interaksi dalam bentuk diskusi mengenai permasalahan-permasalahan atau tantangan yang diberikan oleh guru untuk di selesaikan bersama.

 

 

Communication

Peserta   didik   mempresentasikan   hasil   kerja   kelompok   atau   individu   secara    klasikal. Peserta didik mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan (terjadi diferensiasi proses bagi kelompok-kelompok yang terlihat belum maksimal hasil kerjanya).

Praktek penerapan kompetensi kemampuan berinteraksi/berhubungan sosial terjadi pada tahap ini. Peserta didik bersama kelompok masing-masing mengemukakan hasil kerja kelompoknya didepan kelas.

Guru melakukan monitoring terhadap interaksi yang terjadi antar peserta didik sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.

 

 

Creativity

 

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait ungkapan untuk memberi  dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami.

Kegiatan Penutup

    Peserta didik dan guru merefleksi kegiatan pembelajaran.

Guru menginstruksikan murid untuk menulis jurnal diri  tentang apa yang ada di dalam pikiran dan apa yang dirasakan mereka setelah melakukan berbagai kegiatan pada hari tersebut (Apa yang menarik? Apakah hal baru yang saya lihat? Apakah yang berubah dalam perasaan dan pikiran saya? Apakah yang ingin saya pelajari lebih lanjut?)

 

Guru menyampaikan tahap-tahap dalam menulis jurnal diri yaitu menyiapkan sebuah buku tulis yang akan mereka sebut sebagai buku jurnal. Kemudian meminta mereka menggambarkan ataupun menulis tentang apa yang ingin mereka tulis kejadian pada hari tersebut dengan jujur.

(Kegiatan Penerapan Kompetensi Pengelolaan Diri–Mengelola Emosi Dan Fokus dengan menggunakan Teknik Menulis Jurnal Diri).

 

    Peserta didik dan guru menarik kesimpulan dari hasil kegiatan pembelajaran.

    Guru Memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan kepada kelompok yang kinerjanya Baik).

    Menugaskan  Peserta  didik   untuk  terus  mencari  informas dimana  saja  yang   berkaitan  dengan materi/pelajaran yang sedang atau yang akan  pelajari.

    Guru menyampaikan materi pembelajaran berikutnya.

    Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dan doa.

 

C.      Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran

Ø  Metode Pembelajaran

©  Pendekatan                      :  Scientific Learning

©  Model Pembelajaran       :

*      Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

*      Pembelajaran Berdiferensiasi

 

Ø  Teknik Penerapan Kompetensi Sosial Emosional (KSE):

©  Kompetensi Kemampuan Berinteraksi/ Berhubungan Sosial

©  Kompetensi Pengelolaan Diri– Mengelola Emosi dan Fokus

 

Ø  Media Pembelajaran

©  Media LCD projector,

©  Laptop,

©  Bahan Tayang

 

Ø  Sumber Belajar:

©  Teks Siswa,

©  Buku Pegangan Guru,

©  Modul/bahan ajar,

©  Sumber internet,

©  Sumber lain yang relevan

 

 

D.     PENILAIAN

Sikap                         : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyerahkan.

Pengetahuan                        : Menunjukkan kemampuan menjelaskan macam-macam profesi/jobs.

Keterampilan            :Mampu menggunakan dan memahami kosakata-kosakata terkait  macam- macam profesi.

Kompetensi Sosial Emosional : Berinteraksi dengan lingkungan terdekat secara efektif dan berterima (mempraktekkan pola hubungan sosial sederhana seperti meminta tolong, meminta maaf ketika melakukan kesalahan, dan berterima kasih).

Kompetensi Pengelolaan Diri : Mengikuti panduan dalam menulis jurnal diri sebagai refleksi di akhir pembelajaran.

 

Strategi dan Alat Penilaian:

-          Strategi   : Observasi (Sikap dan KSE)

-          Alat          : Rubrik  

 

Rubrik Catatan Sikap Murid:

 

Nama murid

 

Tanggal/ Catatan sikap

 

Tanggal/ Catatan sikap

 

Tanggal/ Catatan sikap

 

Tanggal/ Catatan sikap

 

Tanggal/ Catatan sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian Pencapaian Kompetensi Sosial Emosional (KSE):

No.

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Score

1.

Interaksi/ Hubungan Sosial

Sudah menunjukkan kemampuan berdiskusi dalam kelompok, memaparkan gagasan-gagasan serta menanggapi sesuai dengan topic yang dibahas

 

Mulai menunjukkan kemampuan berdiskusi dalam kelompok, mencoba memaparkan gagasan-gagasan tetapi belum mampu menanggapi sesuai dengan topic yang dibahas

 

Mulai menunjukkan kemampuan berdiskusi dalam kelompok, belum mampu memaparkan gagasan-gagasan dan belum mampu menanggapi sesuai dengan topic yang dibahas

 

Belum menunjukkan kemampuan berdiskusi dalam kelompok, belum mampu memaparkan gagasan-gagasan dan belum mampu menanggapi sesuai dengan topic yang dibahas (pasif)

 

Sangat baik

 

Baik

 

 

Cukup

 

Kurang

 

Rubrik Penilaian Pencapaian Kompetensi Sosial Emosional (KSE):

No.

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Score

1.

Pengelolaan Diri

Sudah menunjukkan kemampuan mengikuti arahan dalam menulis jurnal diri diakhir pembelajaran yang meliputi hal-hal yang sudah dimengerti, yang masih perlu untuk dikembangkan, sudah mampu mengaitkan pengetahuan dengan lingkungan terdekat serta mampu mengembangkan pengetahuan yang diperoleh.

 

Mulai menunjukkan kemampuan mengikuti arahan dalam menulis jurnal diri diakhir pembelajaran yang meliputi hal-hal yang sudah dimengerti, yang masih perlu untuk dikembangkan, mulai mengaitkan pengetahuan dengan lingkungan terdekat serta mencoba mengembangkan pengetahuan yang diperoleh.

 

Mulai menunjukkan kemampuan mengikuti arahan dalam menulis jurnal diri diakhir pembelajaran yang meliputi hal-hal yang sudah dimengerti, belum menunjukkan kemampuan memilah hal-hal yang masih perlu untuk dikembangkan, belum mengaitkan pengetahuan dengan lingkungan terdekat serta belum mengembangkan pengetahuan yang diperoleh.

 

Belum menunjukkan kemampuan mengikuti arahan dalam menulis jurnal diri diakhir pembelajaran yang meliputi hal-hal yang sudah dimengerti, belum menunjukkan kemampuan memilah hal-hal yang masih perlu untuk dikembangkan, belum mengaitkan pengetahuan dengan lingkungan terdekat serta belum mengembangkan pengetahuan yang diperoleh.

 

 

Sangat baik

 

 

 

Baik

 

 

 

Cukup

 

 

 

Kurang

 

 

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan

-          Strategi   : Unjuk kerja

-          Alat          Checklist

 

Contoh Penilaian Ranah Pengetahuan dan Keterampilan

 

Indikator

 

Checklist

 

Catatan

 

Pengetahuan

 

Tercapai

 

Berkembang

 

Baru mulai terlihat

 

Menjelaskan pengetahuan   tentang ungkapan untuk memberi  dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda.

 

 

 

 

 

 

Keterampilan Berbicara

 

Fluency

(0-40)

 

Pronunciation

(0-40)

 

Intonation

(0-20)

 

Catatan tambahan

 

Nama Murid

 

 

 

 

 

Nama Murid

 

 

 

 

 

Nama Murid

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN FORMAT JURNAL DIRI

 

Setelah mengikuti pembelajaran hari ini, isilah lembar refleksi diri berikut:

 

1.        Hal-hal apa saja yang sudah saya mengerti dalam pembelajaran hari ini?

…………………………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

2.      Apa yang masih perlu untuk saya kembangkan?

………………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

3.      Bagaimana saya bisa menerapkan hasil belajar hari ini kedalam lingkungan terdekat saya (kelas dan keluarga)?

………………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

 

 

LAMPIRAN

 

 

 

 

Murid membentuk kelompok berdasarkan profesi/jobs kegemaran masing-masing (seperti gambar diatas)   à  Terjadi diferensiasi produk.

 

 

 

Berikut materi sebagai contoh kegiatan diskusi kelompok sesuai profesi/jobs kegemaran murid:

                                                                                                   Sigli, 04 Maret 2021

 

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

............................................                                                       ROSA FITRIANI R, S. Pd

NIP.                                                                                             NIP. -

           

 

 

 

 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

1.1..a.10. Aksi Nyata-Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah (Artikel Refleksi)