PEMBALAJARAN BERDIFERENSIASI

Salam Guru Penggerak! 

Didalam Modul 2.1 Guru Penggerak membahas mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi. Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi dan bagaimana contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi tersebut? Mari kita lihat uraian berikut ini.

Menurut Tomlinson (2000), pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran dikelas untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap murid.

    Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan tersebut adalah terkait dengan:

  • 1.     Lingkungan belajar yang “mengundang” murid untuk belajar.
  • 2.      Tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas.
  • 3.      Penilaian berkelanjutan.
  • 4.      Merespon kebutuhan belajar murid.
  • 5.      Manajemen kelas yang efektif.

Tomlinson (2001), mengatakan bahwa kita dapat mengkatagorikan kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek.

Ketiga aspek tersebut adalah:

  1. Kesiapan belajar (readiness) murid
  2. Minat murid
  3. Profil belajar murid

Berikut ini merupakan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berdiferensiasi:


Nama   : Rosa Fitriani R, S. Pd          

SMP YPPU SIGLI

CGP Kabupaten Pidie, Aceh

 

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN (RPP)

BERDIFERENSIASI

 

Satuan Pendidikan       : SMP

Kelas / Semester           : VII / II (genap)

Tema                              : The Elephant is Big

Sub Tema                       : Descriptive Text using Adjective, Simple Present, and Verb

Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris

Pembelajaran ke            : 1

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Melalui teks deskriptif, murid dapat mengidentifikasi kata sifat (adjective)

2.      yang menjelaskan orang, hewan dan benda sesuai minat masing-masing secara jelas.

3.      Setelah membaca teks deskriptif, murid dapat menulis sebuah teks descriptive yang ntuk menggunakan kata sifat untuk menjelaskan orang, hewan atau benda secara benar.


 

B.     MEDIA ALAT DAN SUMBER BELAJAR

1)      Media/ Alat

·         Teks deskriptif pendek sederhana tentang orang, hewan atau benda

2)      Sumber Belajar

·         Gambar, buku paket siswa SMP

·         Buku panduan pegangan guru

·         Buku Interactive English I, Junior High School Year 1 (Penerbit: Yudistira)

 

C.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

·         Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam, berdoa, dsb) dan memberikan pesan-pesan harian.

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Kegiatan

Inti

Kegiatan Literasi

·         Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali dengan tema sesuai minat masing-masing terkait materi mendesekripsikan orang, hewan, atau benda.

 

Critical Thinking

·         Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami. Murid menyiapkan pertanyaan terkait materi.

 

Colaboration

·         Murid dibentuk dalam beberapa kelompok sesuai pilihan minatnya untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai materi mendeskripsikan orang, hewan, atau benda dengan menggunakan kata sifat (Adjective).

 

Creativity

·         Guru dan murid membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait mendeskripsikan orang, hewan, atau benda dengan menggunakan kata sifat. Murid diberikan kesempatan untuk saling bertanya antar kelompok minat mengenai hal-hal yang belum dipahami.

 

Ø  Untuk kelompok yang belum bisa bercerita dan menulis dengan lancar guru akan melakukan bimbingan individual atau meminta kawan kelompoknya untuk membantunya. Guru akan membagikan beberapa strategi yang dapat diterapkan murid. (Guru melakukan diferensiasi proses)

 

Ø  Sebagai produk pembelajaran, murid dapat menulis tesk deskriptif tentang orang, hewan ataupun benda. (Guru melakukan diferensiasi produk berdasarkan minat)

-          Murid suka IPA bisa menulis/ menjelaskan tentang descriptive seorang penemu atau ilmuwan sains, atau menjelaskan anatomi hewan, atau benda tertentu yang berkaitan dengan minatnya

-          Murid yang suka Kesenian dan Olahraga bisa menulis/ menjelaskan dalam bentuk gambar, tokoh seni dan tokoh olah raga atau benda-benda seni seperti alat music dan benda terkait olah raga seperti bola atau kolam renang yang dibubuhi dengan satu atau dua kata dan kemudian menjelaskannya secara lisan.

-          Murid yang suka Bahasa Indonesia dapat mengumpulkan tugasnya dalam bentuk karangan kreasi mereka sendiri.

 

 

Kegiatan

Penutup

·         Guru memberikan umpan balik kepada murid.

·         Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, terimakasih, doa, dsb).

 

D.    PENILAIAN

Sikap              : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyerahkan.

Pengetahuan  : Menunjukkan kemampuan bercerita tentang benda.

Keterampilan : Mempresentasikan tulisan atau gambar tentang teks deskriptif.

 

Strategi dan Alat Penilaian:

-          Strategi   : Observasi

-          Alat         : Catatan

 

 

Nama murid

 

Tanggal/ Catatan sikap

 

Tanggal/ Catatan sikap

 

Tanggal/ Catatan sikap

 

Tanggal/ Catatan sikap

 

Tanggal/ Catatan sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan

-          Strategi   : Unjuk kerja

-          Alat         :  Checklist

 

Contoh Penilaian Ranah Pengetahuan dan Keterampilan

 

 

Indikator

 

Checklist

 

Catatan

 

Pengetahuan

 

Tercapai

 

Berkembang

 

Baru mulai terlihat

 

 

Menjelaskan pengetahuan tentang teks deskriptif

 

 

 

 

 

Keterampilan Menulis

 

Tercapai

 

Berkembang

 

Baru mulai terlihat

 

Catatan tambahan terkait diferensiasi

 

Struktur kalimat

 

 

 

 

 

Kosa kata

 

 

 

 

 

Kreativitas

 

 

 

 

 

a.       Rubrik Penilaian Pengetahuan

 

No.

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Score

1.

Tujuan Komunikatif

Sangat memahami

Memahami

Cukup memahami

Kurang memahami

Tidak memahami

5

4

3

2

1

 

b.      Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis

 

No.

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Score

1.

Struktur Kalimat

Struktur teks yang digunakan sangat runtut

Struktur teks yang digunakan  runtut

Struktur teks yang digunakan cukup runtut

Struktur teks yang digunakan kurang runtut

Struktur teks yang digunakan tidak runtut

5

4

3

2

1

2.

Kosa Kata

Pilihan kosa kata sangat tepat

Pilihan kosa kata tepat

Pilihan kosa kata cukup tepat

Pilihan kosa kata kurang tepat

Pilihan kosa kata tidak tepat

5

4

3

2

1

3.

Kreativitas

Sangat variatif dan tepat

Variatif dan tepat

Cukup variatif dan tepat

Kurang variatif dan tepat

Tidak variatif dan tepat

5

4

3

2

1

 


LEMBAR KERJA

·         Read this text carefully! (Text yang mendeskripsikan benda)

 


 

·         Lembar kerja untuk murid yang menyukai seni dan olah raga.

 




·         Untuk murid yang suka bahasa boleh mengerjakan dalam bentuk karangan

 


  

·         Untuk murid yang suka IPA dapat mengikuti petunjuk pada lembar kerja dibawah.

 




 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

1.1..a.10. Aksi Nyata-Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah (Artikel Refleksi)