PEMBALAJARAN BERDIFERENSIASI
Salam Guru Penggerak!
Didalam Modul 2.1 Guru Penggerak membahas mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi. Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi dan bagaimana contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi tersebut? Mari kita lihat uraian berikut ini.
Menurut Tomlinson (2000), pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran dikelas untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap murid.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan tersebut adalah terkait dengan:
- 1. Lingkungan belajar yang “mengundang” murid untuk belajar.
- 2. Tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas.
- 3. Penilaian berkelanjutan.
- 4. Merespon kebutuhan belajar murid.
- 5. Manajemen kelas yang efektif.
Tomlinson (2001), mengatakan bahwa kita dapat mengkatagorikan kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek.
Ketiga aspek tersebut adalah:
- Kesiapan belajar (readiness) murid
- Minat murid
- Profil belajar murid
Berikut ini merupakan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berdiferensiasi:
Nama : Rosa Fitriani R, S. Pd
SMP YPPU SIGLI
CGP Kabupaten Pidie, Aceh
RENCANA
PELAKSANA PEMBELAJARAN (RPP)
BERDIFERENSIASI
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas / Semester : VII / II
(genap)
Tema : The Elephant is Big
Sub Tema : Descriptive Text using Adjective, Simple Present,
and Verb
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Pembelajaran ke : 1
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui teks deskriptif, murid dapat mengidentifikasi
kata sifat (adjective)
2. yang menjelaskan orang, hewan dan benda sesuai minat
masing-masing secara jelas.
3. Setelah membaca teks
deskriptif, murid dapat menulis sebuah teks descriptive yang ntuk menggunakan kata sifat untuk
menjelaskan orang, hewan atau benda secara benar.
B.
MEDIA ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1) Media/ Alat
·
Teks deskriptif
pendek sederhana tentang orang, hewan atau benda
2)
Sumber Belajar
·
Gambar, buku
paket siswa SMP
·
Buku panduan pegangan guru
·
Buku Interactive
English I, Junior High School Year 1 (Penerbit: Yudistira)
C.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
·
Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam, berdoa, dsb) dan memberikan pesan-pesan harian. ·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. |
Kegiatan Inti |
Kegiatan Literasi ·
Peserta didik diberi motivasi
dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali
dengan tema sesuai minat masing-masing terkait materi mendesekripsikan orang,
hewan, atau benda. Critical
Thinking ·
Guru memberikan kesempatan
untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami. Murid
menyiapkan pertanyaan terkait materi. Colaboration ·
Murid dibentuk dalam beberapa
kelompok sesuai pilihan minatnya untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai materi
mendeskripsikan orang, hewan, atau benda dengan menggunakan kata sifat
(Adjective). Creativity ·
Guru dan murid membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait mendeskripsikan
orang, hewan, atau benda dengan menggunakan kata sifat. Murid diberikan
kesempatan untuk saling bertanya antar kelompok minat mengenai hal-hal yang
belum dipahami. Ø Untuk
kelompok yang belum bisa bercerita dan menulis dengan lancar guru akan melakukan bimbingan individual atau meminta kawan kelompoknya untuk membantunya. Guru akan membagikan beberapa strategi yang dapat diterapkan murid.
(Guru melakukan diferensiasi proses) Ø Sebagai produk pembelajaran, murid dapat
menulis tesk deskriptif tentang orang, hewan ataupun benda. (Guru melakukan diferensiasi produk berdasarkan minat) -
Murid suka
IPA bisa menulis/ menjelaskan tentang descriptive seorang penemu atau ilmuwan
sains, atau menjelaskan anatomi hewan, atau benda tertentu yang berkaitan
dengan minatnya -
Murid yang suka
Kesenian dan Olahraga bisa menulis/ menjelaskan dalam bentuk gambar, tokoh seni dan tokoh olah raga atau
benda-benda seni seperti alat music dan benda terkait olah raga seperti bola
atau kolam renang yang dibubuhi dengan satu atau dua kata dan kemudian menjelaskannya secara lisan. -
Murid yang suka Bahasa Indonesia dapat mengumpulkan tugasnya dalam bentuk karangan
kreasi mereka sendiri. |
Kegiatan Penutup |
·
Guru memberikan umpan balik kepada murid. ·
Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, terimakasih, doa, dsb). |
D. PENILAIAN
Sikap : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam
menyerahkan.
Pengetahuan : Menunjukkan kemampuan
bercerita tentang benda.
Keterampilan : Mempresentasikan tulisan atau gambar tentang teks
deskriptif.
Strategi dan Alat Penilaian:
-
Strategi : Observasi
-
Alat : Catatan
Nama murid |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
-
Strategi : Unjuk kerja
-
Alat : Checklist
Contoh Penilaian Ranah Pengetahuan dan Keterampilan
Indikator |
Checklist |
Catatan |
||
Pengetahuan |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai terlihat |
|
Menjelaskan pengetahuan tentang teks deskriptif |
|
|
|
|
Keterampilan Menulis |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai terlihat |
Catatan tambahan terkait diferensiasi |
Struktur
kalimat |
|
|
|
|
Kosa kata |
|
|
|
|
Kreativitas |
|
|
|
|
a. Rubrik Penilaian Pengetahuan
No. |
Aspek yang
Dinilai |
Kriteria |
Score |
1. |
Tujuan Komunikatif |
Sangat memahami Memahami Cukup memahami Kurang memahami Tidak memahami |
5 4 3 2 1 |
b. Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis
No. |
Aspek yang
Dinilai |
Kriteria |
Score |
1. |
Struktur
Kalimat |
Struktur teks yang digunakan sangat runtut Struktur teks yang digunakan runtut Struktur teks yang digunakan cukup runtut Struktur teks yang digunakan kurang runtut Struktur teks yang digunakan tidak runtut |
5 4 3 2 1 |
2. |
Kosa Kata |
Pilihan kosa kata sangat tepat Pilihan kosa kata tepat Pilihan kosa kata cukup tepat Pilihan kosa kata kurang tepat Pilihan kosa kata tidak tepat |
5 4 3 2 1 |
3. |
Kreativitas |
Sangat variatif dan tepat Variatif dan tepat Cukup variatif dan tepat Kurang variatif dan tepat Tidak variatif dan tepat |
5 4 3 2 1 |
LEMBAR KERJA
·
Read
this text carefully! (Text yang mendeskripsikan benda)
·
Lembar kerja untuk murid yang menyukai seni dan olah raga.
·
Untuk murid yang suka bahasa boleh mengerjakan dalam bentuk
karangan
·
Untuk murid yang suka IPA dapat mengikuti petunjuk pada
lembar kerja dibawah.
Komentar
Posting Komentar