1.3.a.5.1 Umpan Balik atas Pekerjaan Teman CGP Lain

Pemangku Kepentingan

Pada Modul 1.3, CGP telah mendapat pengetahuan baru mengenai Visi Guru Penggerak, termasuk didalam penjabaran mengenai Pemangku Kepentingan di sebuah sekolah. Apa itu Pemangku Kepentingan?

Menurut Peter F. Drucker Pemangku Kepentingan adalah tugas kepemimpinan yang menciptakan keselarasan kekuatan, dengan cara membuat kelemahan suatu sistem menjadi tidak relevan. Artinya pemangku kepentingan merupakan segenap pihak yang merancang, mengatur, menjalankan serta mendukung penuh sebuah perencanaan disebuah institusi, dalam hal ini yaitu sebuah sekolah. Demi berjalannya visi dan misi yang telah ditetapkan di sebuah sekolah, maka pengelompokan pemangku kepentingan yang tepat sesuai dengan kekuatannya adalah awal dari segalanya.

Di dalam tulisan ini saya diberikan kesempatan untuk memberikan umpan balik atas pekerjaan teman CGP lain berkenaan dengan pemetaan pemangku kepentingan tersebut. Apa yang dimaksud dengan umpan balik?

Umpan balik adalah informasi yang diberikan oleh seseorang mengenai aspek kinerja atau pemahaman orang lainnya. Hal ini biasanya terjadi seusai pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan atau untuk mengembangkan sikap tertentu (Hattie & Timperley, 2007). Agar kita dapat mengembangkan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik, maka sangatlah diperlukan refleksi dari apa yang telah kita lakukan. Adapun salah satu cara refleksi tersebut yaitu dengan menerima umpan balik dari keluarga, guru, teman sejawat, atau yang lainnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, pertama sekali saya ingin memberikan umpan balik kepada salah seorang calon guru penggerak asal Kabupaten Pidie yaitu Ibu Nurlianti. Ibu Nurlianti sudah menguraikan dengan baik mengenai pemangku kepentingan dari dalam, yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, dan operator. Hanya saja menurut saya ada sedikit tambahan lagi yaitu staff tata usaha, pustakawan. dan penjaga sekolah juga termasuk kedalam pemangku kependidikan dari dalam.

Berikutnya, saya akan memberikan tanggapan pada pemetaan pemangku kepentingan yang telah dijabarkan oleh CGP Putri Nurhayati. Secara keseluruhan, Ibu Putri Nurhayati telah menuliskan secara jelas mengenai pemangku kepentingan disebuah sekolah. Hanya saja alangkah lebih baik jika kekuatan dari setiap pemangku kepentingan tersebut dijabarkan dengan terperinci agar pembaca dapat mengerti benar kekuatan yang dimiliki dari setiap pemangku-pemangku kepentingan tersebut.

Dibawah ini adalah tabel pemangku kepentingan yang telah saya jabarkan menjadi dua katagori besar, yakni Pemangku Kepentingan dari Dalam Sekolah dan Pemangku Kepentingan dari Luar Sekolah.

Pemangku Kepentingan dari Dalam Sekolah

No.

Pemangku Kepentingan

Peran

Kekuasaan

 

1.

 

Kepala Sekolah

v  Menciptakan situasi belajar mengajar sehingga guru-guru dapat mengajar dan murid-murid dapat belajar dengan baik.

v  Melakukan pengembangan pendidikan dan pengajaran yang berupa perbaikan program dan kegiatan pendidikan pengajaran untuk dapat menciptakan situasi belajar mengajar.

 


1.      Memberikan bimbingan

2.      Memberikan bantuan

3.      Melakukan pengawasan terhadap kinerja guru

4.      Melakukan penilaian  pada masalah yang berhubungan dengan teknis penyelenggaraan

2.

Wakil Kepala Sekolah (Bidang Kurikulum)

 

 

 

 

 

 

 

 

Wakil Kepala Sekolah

(Bidang Kesiswaan)

v  Sebagai koordinator pelaksanaan KBM

v  Penyedia silabus seluruh mapel dan contoh format RPP yang akan digunakan

v  Penyusun program KBM

v  Pengatur kelengkapan sarana bagi guru

 

 

 

v  Melakukan pembinaan kesiswaan/OSIS

v  Penegak tata tertib sekolah

v  Membimbing dan mengarahkan kegiatan siswa dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah

v  Membina 6K

v  Pengarah pemilihan pengurus OSIS

v  Pengatur dan penyelenggara hubungan sekolah dengan orang tua murid

 

1.      Menyusun program pengajaran

2.      Menyusun kalender pendidikan sekolah

3.      Menyusun SK pembagian tugas

4.      Menyusun program jadwal evaluasi

5.      Menyusun criteria murid naik kelas/tidak serta lulus/tidak lulus

 

1.      Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS

2.      Menegakkan tata tertib sekolah

3.      Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerimaan siswa baru

4.      Mengadakan pemilihan siswa yang akan mewakili sekolah dalam kegiatan luar sekolah

5.      Melaksanakan pemilihan siswa teladan dan siswa penerima beasisiwa

 

3.

 

Guru

 

v  Sebagai Pelaksana Program

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Mengajarkan ilmu kepada siswa (coaching)

2.      Mendidik siswa untuk berfikir kritis

3.      Memberikan motivasi

4.      Menunjukkan pentingnya kesabaran

5.      Sebagai pemimpin dikelas

6.      Sebagai fasilitator

7.      Sebagai mediator

8.      Sebagai inspirator

9.      Sebagai klimator

10.  Sebagai informator

11.  Sebagai teman siswa

 

4.

Tata Usaha

v  Administrasi Sekolah

 

 

 

 


1.      Menyiapkan segala keperluan yang berhubungan dengan surat-menyurat

2.      Menyiapkan dokumen sekolah

3.      Menyiapkan data siswa

 

5.

Murid

v  Sebagai Pelaku/Subjek

1.      Mengikuti pembelajaran

2.      Sebagai sumber aspirasi dan inspirasi

 

6.

 

 

 

 

Operator Sekolah

v  Memastikan pendataan sekolah terperbaharui dalam jangka waktu tertentu

v  Menjadi sumber informasi bagi guru dan murid berkaitan dengan pendataan yang diperlukan

v  Sumber informasi mengenai pembaharuan yang perlu dilakukan sekolah

1.      Menyiapkan data sekolah berbentuk online

2.      Menyiapkan data-data guru dan pegawai tata usaha berbentuk online

3.      Menyiapkan data-data siswa berbentuk online

4.      Mengurus proses Ujian yang berbasis computer

 

 

7.

Pustakawan

v  Pengendali semua keperluan perpustakaan

1.      Menfasilitasi siswa dalam proses pengambilan dan pengembalian buku

2.      Menfasilitasi siswa dalam proses peminjaman buku

3.      Memastikan keadaan pustaka tetap bersih dan rapi

 

8.

Penjaga Sekolah

v  Pengamanan Sekolah

1.      Memastikan keadaan sekolah aman

2.      Ikut turut menjaga kebersihan sekolah

 

 

Pemangku Kepentingan dari Luar Sekolah

No.

Pemangku Kepentingan

Peran

Kekuatan

 

1.

 

Pemerintah Setempat

 

 

Ø  Pendukung

 

1.      Memberi dukungan

 

2.

Dinas Pendidikan

Ø  Pengambil Keputusan

1.      Sebagai fasilitator dalam mengambil kebijakan-kebijakan

 

3.

Komite Sekolah

 

Ø  Pemberi Dukungan

1.      Memberi masukan atas keberlangsungan sekolah

2.      Mengawasi jalannya kegiatan disekolah

3.      Membantu pihak sekolah dalam bentuk materi jika dibutuhkan

 

4.

Masyarakat Sekitar

Ø  Pendukung

1.      Turut andil sebagai promosi sekolah

2.      Mendukung keberhasilan dari apa yang dilakukan sekolah

 

 Penulis : Rosa Fitriani R

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

1.1..a.10. Aksi Nyata-Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah (Artikel Refleksi)