1.3.a.5.1 Umpan Balik atas Pekerjaan Teman CGP Lain
Pemangku Kepentingan
Pada Modul 1.3, CGP telah
mendapat pengetahuan baru mengenai Visi Guru Penggerak, termasuk didalam
penjabaran mengenai Pemangku Kepentingan di sebuah sekolah. Apa itu Pemangku
Kepentingan?
Menurut Peter F. Drucker Pemangku
Kepentingan adalah tugas kepemimpinan yang menciptakan keselarasan kekuatan,
dengan cara membuat kelemahan suatu sistem menjadi tidak relevan. Artinya
pemangku kepentingan merupakan segenap pihak yang merancang, mengatur,
menjalankan serta mendukung penuh sebuah perencanaan disebuah institusi, dalam
hal ini yaitu sebuah sekolah. Demi berjalannya visi dan misi yang telah
ditetapkan di sebuah sekolah, maka pengelompokan pemangku kepentingan yang
tepat sesuai dengan kekuatannya adalah awal dari segalanya.
Di dalam tulisan ini saya
diberikan kesempatan untuk memberikan umpan balik atas pekerjaan teman CGP lain
berkenaan dengan pemetaan pemangku kepentingan tersebut. Apa yang dimaksud dengan
umpan balik?
Umpan balik
adalah informasi yang diberikan oleh seseorang mengenai aspek kinerja atau
pemahaman orang lainnya. Hal ini biasanya terjadi seusai pembelajaran yang
bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan atau untuk
mengembangkan sikap tertentu (Hattie & Timperley, 2007). Agar kita dapat
mengembangkan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik, maka sangatlah
diperlukan refleksi dari apa yang telah kita lakukan. Adapun salah satu cara
refleksi tersebut yaitu dengan menerima umpan balik dari keluarga, guru, teman
sejawat, atau yang lainnya.
Berkaitan dengan
hal tersebut, pertama sekali saya ingin memberikan umpan balik kepada salah
seorang calon guru penggerak asal Kabupaten Pidie yaitu Ibu Nurlianti. Ibu
Nurlianti sudah menguraikan dengan baik mengenai pemangku kepentingan dari
dalam, yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa, dan operator.
Hanya saja menurut saya ada sedikit tambahan lagi yaitu staff tata usaha, pustakawan.
dan penjaga sekolah juga termasuk kedalam pemangku kependidikan dari dalam.
Berikutnya, saya
akan memberikan tanggapan pada pemetaan pemangku kepentingan yang telah
dijabarkan oleh CGP Putri Nurhayati. Secara keseluruhan, Ibu Putri Nurhayati
telah menuliskan secara jelas mengenai pemangku kepentingan disebuah sekolah.
Hanya saja alangkah lebih baik jika kekuatan dari setiap pemangku kepentingan tersebut
dijabarkan dengan terperinci agar pembaca dapat mengerti benar kekuatan yang
dimiliki dari setiap pemangku-pemangku kepentingan tersebut.
Dibawah ini adalah tabel pemangku kepentingan
yang telah saya jabarkan menjadi dua katagori besar, yakni Pemangku Kepentingan dari
Dalam Sekolah dan Pemangku Kepentingan dari Luar Sekolah.
Pemangku
Kepentingan dari Dalam Sekolah
No. |
Pemangku Kepentingan |
Peran |
Kekuasaan |
1. |
Kepala Sekolah |
v
Menciptakan
situasi belajar mengajar sehingga guru-guru dapat mengajar dan murid-murid
dapat belajar dengan baik. v
Melakukan
pengembangan pendidikan dan pengajaran yang berupa perbaikan program dan kegiatan
pendidikan pengajaran untuk dapat menciptakan situasi belajar mengajar. |
1.
Memberikan
bimbingan 2.
Memberikan
bantuan 3.
Melakukan
pengawasan terhadap kinerja guru 4.
Melakukan
penilaian pada masalah yang
berhubungan dengan teknis penyelenggaraan |
2. |
Wakil Kepala Sekolah (Bidang
Kurikulum) Wakil Kepala Sekolah (Bidang Kesiswaan) |
v
Sebagai
koordinator pelaksanaan KBM v
Penyedia silabus
seluruh mapel dan contoh format RPP yang akan digunakan v
Penyusun program
KBM v
Pengatur
kelengkapan sarana bagi guru v
Melakukan
pembinaan kesiswaan/OSIS v
Penegak tata
tertib sekolah v
Membimbing dan
mengarahkan kegiatan siswa dalam rangka menegakkan disiplin dan tata tertib
sekolah v
Membina 6K v
Pengarah
pemilihan pengurus OSIS v
Pengatur dan
penyelenggara hubungan sekolah dengan orang tua murid |
1.
Menyusun program
pengajaran 2.
Menyusun kalender
pendidikan sekolah 3.
Menyusun SK
pembagian tugas 4.
Menyusun program
jadwal evaluasi 5.
Menyusun criteria
murid naik kelas/tidak serta lulus/tidak lulus 1.
Menyusun program
pembinaan kesiswaan/OSIS 2.
Menegakkan tata
tertib sekolah 3.
Melaksanakan
pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerimaan siswa baru 4.
Mengadakan
pemilihan siswa yang akan mewakili sekolah dalam kegiatan luar sekolah 5.
Melaksanakan
pemilihan siswa teladan dan siswa penerima beasisiwa |
3. |
Guru |
v
Sebagai Pelaksana
Program |
1.
Mengajarkan ilmu
kepada siswa (coaching) 2.
Mendidik siswa
untuk berfikir kritis 3.
Memberikan
motivasi 4.
Menunjukkan
pentingnya kesabaran 5.
Sebagai pemimpin
dikelas 6.
Sebagai
fasilitator 7.
Sebagai mediator 8.
Sebagai
inspirator 9.
Sebagai klimator 10. Sebagai informator 11. Sebagai teman siswa |
4. |
Tata Usaha |
v Administrasi Sekolah |
1.
Menyiapkan segala
keperluan yang berhubungan dengan surat-menyurat 2.
Menyiapkan
dokumen sekolah 3.
Menyiapkan data
siswa |
5. |
Murid |
v
Sebagai Pelaku/Subjek |
1.
Mengikuti
pembelajaran 2.
Sebagai sumber
aspirasi dan inspirasi |
6. |
Operator Sekolah |
v
Memastikan
pendataan sekolah terperbaharui dalam jangka waktu tertentu v
Menjadi sumber
informasi bagi guru dan murid berkaitan dengan pendataan yang diperlukan v
Sumber informasi
mengenai pembaharuan yang perlu dilakukan sekolah |
1.
Menyiapkan data
sekolah berbentuk online 2.
Menyiapkan
data-data guru dan pegawai tata usaha berbentuk online 3.
Menyiapkan
data-data siswa berbentuk online 4.
Mengurus proses
Ujian yang berbasis computer |
7. |
Pustakawan |
v Pengendali semua keperluan perpustakaan |
1.
Menfasilitasi
siswa dalam proses pengambilan dan pengembalian buku 2.
Menfasilitasi
siswa dalam proses peminjaman buku 3.
Memastikan
keadaan pustaka tetap bersih dan rapi |
8. |
Penjaga Sekolah |
v
Pengamanan
Sekolah |
1.
Memastikan
keadaan sekolah aman 2.
Ikut turut
menjaga kebersihan sekolah |
Pemangku
Kepentingan dari Luar Sekolah
No. |
Pemangku Kepentingan |
Peran |
Kekuatan |
1. |
Pemerintah
Setempat |
Ø Pendukung |
1.
Memberi dukungan |
2. |
Dinas Pendidikan |
Ø
Pengambil
Keputusan |
1.
Sebagai
fasilitator dalam mengambil kebijakan-kebijakan |
3. |
Komite Sekolah |
Ø Pemberi Dukungan |
1.
Memberi masukan
atas keberlangsungan sekolah 2.
Mengawasi
jalannya kegiatan disekolah 3.
Membantu pihak
sekolah dalam bentuk materi jika dibutuhkan |
4. |
Masyarakat Sekitar |
Ø
Pendukung |
1.
Turut andil
sebagai promosi sekolah 2.
Mendukung
keberhasilan dari apa yang dilakukan sekolah |
Komentar
Posting Komentar